Tolak Diisolasi Tiga Pasien Kabur dari Rumah Sakit

  • Bagikan
Tolak Diisolasi Tiga Pasien Kabur dari Rumah Sakit
ilustrasi virus corona (ilustrasi: Istimewa/Freepik.com
KEMBARA.ID,PAPUA – Tiga Pasien dilaporkan kabur dari Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM), pada Sabtu (2/5/2020) lalu.

Mereka kabur gara- gara tidak mau diisolasi karena Covid – 19. Padahal status ketiga pasien belum positif, masih pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Mimika, Papua.

Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika telah menghubungi ketiganya melalui call center.

Pihak RSMM, menyampaikan ketiganya telah kembali ke rumah sakit.

Dikutip dari kompas.com, Juru bicara Covid-19 Mimika, Reynold Ubra, dalam video konferensi di Timika, Senin (4/5/2020) malam, menyampaikan ketiga pasien telah kembali ke rumah sakit.

Dia mengatakan telah mendapat penjelasan dari pihak rumah sakit, bahwa sebenarnya ketiganya kabur karena menolak diisolasi.

Mereka awalnya kabur dari dari Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM), pada Sabtu (2/5/2020) lalu.

Reynold Ubra mengatakan, ketiganya sebenarnya tidak kabur dari rumah sakit karena ketakutan, hanya saja mereka menolak untuk diisolasi.

Sebelumnya, pada Sabtu lalu, Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 menerima laporan dari pihak RSMM pukul 18.00 WIT melalui call center, ada 3 PDP kabur.

Reynold mengatakan, orang dengan status PDP belum dapat dipastikan postif Covid-19, karena harus melalui pemeriksaan swab dengan metode PCR.

Sehingga, masyarakat diminta tidak memvonis orang dengan status PDP, orang dalam pemantauan (ODP), dan orang tanpa gejala (OTG) terinfeksi virus corona. (*)

  • Bagikan