Soal Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Denpasar dan Badung, Ini Penegasan Gugus Tugas Covid-19 Bali

  • Bagikan
Soal Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Denpasar dan Badung, Ini Penegasan Gugus Tugas Covid-19 Bali
Razia penegakan prokes di sejumlah wilayah Denpasar. Foto/ist
KEMBARA.ID, DENPASAR – Menteri Dalam Negeri RI telah mengeluarkan surat nomor 1 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan untuk pengendalian penyebaran covid-19, pada Rabu (6/1/2021).

Dalam surat yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian itu, mempertegas soal pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan penularan Covid-19 di daratan Jawa – Bali.

Pemberlakuan kebijakan ini dimulai 11 Januari hingga 25 Januari 2021.

Untuk wilayah Bali, ditegaskan dalam surat ini, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan penularan Covid-19, akan diterapkan di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

Terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Denpasar dan Badung, berikut penjelasan Pemprov Bali dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali.

“Dengan ini disampaikan, Inmendagri 01 Thn 2021, pengetatan kegiatan masyarakat, utk Prov Bali : Kab Badung dan Kota Denpasar); 2. SE Gub Bali 01 Tahun 2021, masuk Bali : lewat Bandara berlaku Swab atau Antigen, lewat laut dan darat berlaku Antigen. SE Gub berlaku mulai tanggal 9 Januari 2021 sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Suksma, ” penjelasan Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Made Rentin yang diterima media ini.

Saat dikonfirmasi apakah pembatasan kegiatan warga ini bisa disamakan dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Made Rentin menegaskan bukan.

“Tidak (PSBB),” jawab Rentin.

Lagi, Surat Edaran Gubernur Bali

Sementara itu, Dalam Surat Edaran (SE) Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali, yang dikeluarkan oleh Gubernur Bali, pada Rabu, Buda Paing, Wayang (6/1/2021), tercatat Secara Khusus memberikan informasi kepada Kota Denpasar dan Kabupaten Badung untuk melaksanakan ketentuan SE Nomor 01 Tahun 2021 pada angka 1 sampai dengan angka 4 yang isinya sebagai berikut.

(1). Semua pihak diingatkan agar lebih sungguh-sungguh, tertib, disiplin, dan penuh tanggung jawab mentaati ketentuan Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru; dan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 3355 Tahun 2020 tentang Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru.

  • Bagikan