Rutin Test Covid-19, Terapkan Prokes Ketat saat Latihan, Tertutup untuk Fans dan Media

  • Bagikan
Rutin Test Covid-19, Terapkan Prokes Ketat saat Latihan, Tertutup untuk Fans dan Media
Pelatih Bali United Stefano Cuggura Teco saat menjalani Swab Test Covid-19 di Legian, Badung. Foto/ist

KEMBARA.ID, BADUNG-Klub profesional Liga I Indonesia, Bali United memulai latihan perdana ditengah pandemi Covid – 19 pada 3 Agustus 2020 lalu.

Latihan digelar di Gelora Trisakti Legian, Badung Bali setelah off sejak 16 Maret 2020 akibat wabah Covid-19 asal Wuhan China ini.

Saat itu, PSSI dan PT LIB selaku operator liga menangguhkan sementara kompetisi sepakbola kasta tertinggi Indonesia.

Setelah hampir lima bulan tak ada aktivitas sepakbola, manajemen Bali United kembali memulai latihan 3 Agustus 2020. Sebelum memulai latihan manajemen Bali United menggelar test covid – 19 secara swab test dan rapid test kepada semua awak tim.

Hingga saat ini, tes rutin tersebut masih terus berlangsung. Terhitung setiap pelatih dan pemain sudah menjalani lebih dari 15 kali repit test.

Setelah tes ini, langkah selanjutnya yang dilakukan manajemen yakni membersihkan semua peralatan latihan di lapangan seperti kuns, bola, gawang kecil, ruang ganti, gudang, sepatu dengan disinfektan serta menyiapkan hand sanitizer di setiap sudut lapangan latihan.

Yang lebih menarik, manajemen dan tim pelatih benar-benar memproteksi semua elemen klub dari fans dan awak media.

Fans dilarang datang ke lapangan untuk menonton jalannya latihan atau game internal tim.

Sementara awak media pun demikian, diminta tidak melibut ke lapangan. Melainkan secara daring (dalam jaringan) grup whats up.

Media officer tim bertugas mengirim foto dan setiap jawaban tim pelatih atau pemain atas pertanyaan para wartawan.

“Semua tim sudah ikuti protokol kesehatan. Swab test sudah dilakukan PSSI dan PT LIB dan klub. Saat ini, kita hanya tunggu jadwal baru, seperti Bali United, sudah setuju tidak main di Bali, klub lain juga sudah setuju. Semua sudah setuju bermain di Bantul, Yogyakarta, ” kata pelatih Bali United Stefano Cuggura Teco.

Dia menambahkan, jika semua orang bisa menjalankan prokotokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah, pasti wabah ini bisa dikendalikan dan kompetisi bisa kembali bergulir.

  • Bagikan