Pemerintah Bolehkan Pulang Kampung Gunakan Pesawat, Ini Syaratnya

  • Bagikan
Pemerintah Bolehkan Pulang Kampung Gunakan Pesawat, Ini Syaratnya
Suasana di Bandara Ngurah Rai. (Istimewa)
KEMBARA.ID, DENPASAR- Pemerintah memperbolehkan pekerja yang telah mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) untuk menggunakan moda transportasi udara kembali ke kampung halamannya.

Aturan tersebut merujuk pada Surat Edaran Dirjen Hubud Nomor 31 Tahun 2020 tentang Pengaturan Penyelenggaraan Tranportasi Udara Selama Masa Pelarangan Mudik Idul Fitri 1441 H.

Adapula, Surat Edaran Gugus Tugas Nasional Covid-19 Nomor SE 4 Tahun 2020 Tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Syarat yang harus dipenuhi adalah melakukan rapid test.

Jika hasil rapid test non reaktif, maka yang bersangkutan dapat melakukan penerbangan.

Demikian hasil rapat koordinasi melalui video conference yang diikuti BPBD Provinsi Bali, Otoritas Bandara Wilayah IV, Dinas Perhubungan Provinsi Bali, TNI AU Ngurah Rai, Imigrasi Ngurah Rai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan elemen perangkat lainnya.

“Syarat utama yaitu wajib rapid test sebelum naik pesawat,” ucap Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali, Made Rentin, Kamis (7/5/2020).

Bagi pekerja yang ingin melakukan rapid test, bisa mendatangi Kantor Dinas Kesehatan dan laboratorium yang telah ditunjuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali.

Tak hanya pekerja dari Bali, bagi pekerja yang akan menggunakan moda transportasi udara dari daerah lain ke Bandara Ngurah Rai pun wajib melakukan rapid test.

“Ini dilakukan untuk meyakinkan pelaku perjalanan dalam kondisi sehat,” kata Rentin yang juga menjabat sebagai Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali ini.(*)

  • Bagikan