Pasar Tumpah di Bali Paling Sulit Dikendalikan

  • Bagikan
Pasar Tumpah di Bali Paling Sulit Dikendalikan
Ilustrasi pasar dadakan atau tumpah di Bali (foto Baliexpres)
KEMBARA.ID,DENPASAR-Transmisi lokal menjadi penyebab peningkatan signifikan Covid-19 di Provinsi Bali beberapa pekan ini. Setelah penambahan kasus positif 49 orang pada Selasa (30/6/2020), secara akumulatif pasien positif COVID-19 Provinsi Bali berjumlah 1.493 orang.

Total pasien sembuh 798 dan kasus meninggal 14 orang setelah penambahan satu kasus.

Tiga klustar yakni pasar, keluarga, dan mobilitas orang antar daerah di Bali menjadi pemicu penambahan kasus.

Mencermati trend perkembangan kasus COVID-19 dalam beberapa minggu terakhir, Dewa Indra menggelar rapat koordinasi dengan pengelola pasar rakyat/tradisional mambahas penertiban pelaksanaan protokol kesehatan di pasar tradisional, Selasa (30/6/2020).

Rakor yang dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) itu juga melibatkan unsur TNI/POLRI dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Baca juga:

BREAKING NEWS: IGD RSUP Sanglah Berstatus Eskalasi III, Terjadi Peningkatan Pasien Covid-19

TERKINI: Mayat Perempuan Ditemukan Dalam Posisi Menggantung di Renon Denpasar

Dalam kesempatan itu, Sekda Dewa Indra menginstruksikan pembentukan satuan tugas (satgas) atau posko pengawasan dan penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan di seluruh pasar tradisional.

Keberadaan satgas/posko ini diharapkan bisa melakukan pengawasan day to day untuk mencegah munculnya kluster baru di pasar tradisional.

Dewa Indra menyebut, upaya pengendalian penyebaran COVID-19 di pasar tradisional menjadi fokus dan perhatian gugus tugas baik provinsi maupun kabupaten/kota.

 Hal ini mengingat, penambahan kasus positif COVID-19 belakangan ini didominasi oleh kluster pasar.

Ia lantas merinci sejumlah pasar yang menjadi kluster penyebaran COVID-19 yaitu Pasar Kidul Bangli, Pasar Bon Dalem Buleleng, Pasar Kumbasari Denpasar dan Pasar Galiran Klungkung.

Selain itu, keberadaan pasar tumpah juga menjadi perhatian serius.

Kadisperindag Provinsi Bali Wayan Jatra yang ikut dalam acara daring itu, mengatakan masih sulit mengatasi pasar tumpah di Bali.

Baca juga:

Ibu Muda Berusia 14 Tahun Dirudapaksa Mertua di Jalan Pulau Singkep Denpasar, Rekam Masa Lalu pun Pedih

Swalayan Tiara Dewata Denpasar Ditutup? Ini Penjelasan Gugus Tugas Covid-19 Denpasar

  • Bagikan