Layanan Si Taring Disdukcapil Sediakan 400 Pendaftar Setiap Hari

  • Bagikan
Layanan Si Taring Disdukcapil Sediakan 400 Pendaftar Setiap Hari
Kadisdukcapil Kota Denpasar, I Dewa Gde Juli Artabrta. Foto ist.

Denpasar,

Sesuai dengan Permendagri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Berbasis Daring (Online) serta guna mendukung terciptanya pelayanan publik yang produktif dan aman Covid-19, Disdukcapil Kota Denpasar terus mensosialisasikan pelayanan daring.

Karenanya, guna memberikan pelayanan terbaik serta mendukung terciptanya tertib administrasi di masyarakat, Disdukcapil Kota Denpasar telah menghadirkan Layanan Sistem Pendaftaran Daring (Si Taring) yang mencakup seluruh pelayanan Administrasi Kependudukan.

Namun demikian, khusus untuk perekaman dan cetak E-KTP, masyarakat dapat langsung melaksanakan di Kecamatan, Graha Sewaka Dharma serta Layanan Jemput Bola Pelayanan Langsung Jadi sesuai jadwal dengan melampirkan Kartu Keluarga (KK).

Kadisdukcapil Kota Denpasar, I Dewa Gde Juli Artabrata saat dijumpai di ruang kerjanya menjelaskan bahwa sesuai dengan Permendagri diatas bahwasanya Pelayanan Publik, khususnya Administrasi Kependudukan disorong untuk bergerak berbasis digitalisasi dengan mengedepankan sistem daring (online).

Terlebih lagi saat ini kita bersama-sama sedang menghadapi pandemi Covid-19.

“Itu kan sesuai arahan Pemerintah Pusat dan sesuai Permendagi bahwa transformasi pelayanan publik harus dilaksanakan dengan mengedepankan digitalisasi dan sistem daring, sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara cepat,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam penerapan Si Taring, Disdukcapil Kota Denpasar memberikan quota sebanyak 400 pendaftar setiap harinya.

Dimana, pendaftaran dapat dilaksanakan saat hari kerja dari Pukul 08.00 – 14.00 Wita, dan khusus Hari Jumat dapat dilaksanakan mulai Pukul 08.00 – 13.00 Wita.

“Masyarakat tak perlu repot datang ke Disdukcapil untuk mengantri, cukup lengkapi persyaratan dan lakukan pendaftaran dari rumah atau dimana saja sepanjang berkas yang dibutuhkan sudah lengkap,

jadi poin pentingnya kami tidak ingin mengganggu aktifitas dan kesibukan masyarakat, namun tetap bisa mengurus administrasi kependudukan,” jelasnya.

Untuk pencetakan Administrasi Kependudukan di Kota Denpasar lanjut Dewa Juli bahwa ada tiga pilihan yang bisa digunakan.

Mulai dari Pencatakan di Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang tersedia di Graha Sewaka Dharma, Mencetak Mandiri Dari Rumah dan Menggunakan Jasa Pengantaran Go Jek.

  • Bagikan