Kemnaker RI Gelar Naker Tanggap Covid-19 di Bali, Ratusan TKM Expo di Kuta

  • Bagikan
Kemnaker RI Gelar Naker Tanggap Covid-19 di Bali, Ratusan TKM Expo di Kuta
Menaker Ida Fauziyah, saat meninjau booth Tenaga Kerja Mandiri Expo dalam Naker Tanggap Covid-19 Tahun 2020 di Kuta, Bali Jumat (11/9). Foto ist.
KEMBARA.ID, BADUNG-Roadshow Naker Tanggap Covid 2020 yang digelar oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) dimulai dari tanggal 10-13 September 2020 di Pantai Kuta, Badung Bali.

Provinsi Bali dipilih jadi Kota pertama digelarnya expo atau pameran produk dari Tenaga Kerja Mandiri (TKM) binaan Kemnaker.

Selain kegiatan ini, kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) lanjutan bagi TKM dan pemberian penerima bantuan secara simbolis kepada TKM juga digelar serentak.

Sebanyak 50 booth untuk TKM disiapkan, kemudian sebanyak 100 orang TKM akan mengikuti Bimtek lanjutan, dan 175 kelompok TKM di Bali penerima bantuan.

Masyarakat dan turis domestik di Kuta, bisa datang ke lokasi expo dan bisa membeli produk yang dijual di 50 booth TKM yang dipamerkan di area parkiran Discovery Kartika Hotel Kuta.

“Disini mengandalkan sektor pariwisata dan Kuta jam segini sepi seperti ini dan kita mengikuti anjuran Bapak Presiden melalui Ibu Menaker untuk ikut menggerakkan perekonomian dan memilih Bali ini yang pertama jadi kota roadshow kami,” kata Kepala Seksi Pengembangan TKM Kemnaker Widi Wijanarko, kemarin.

Dia berharap, ekonomi Bali kembali terdorong dengan kegiatan ini dan didukung TKM di Bali.

“Peserta pameran dan yang mengikuti Bimtek berasal dari wilayah Indonesia Timur mulai dari Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT.

Berikutnya akan digelar di Makassar, Kalimantan dan Sumatera hingga akhir tahun 2020 ini,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk expo atau pameran ini merupakan tahapan ketiga dari pemberdayaan TKM.

Dimulai dari kelompok usaha ini, diberi bantuan saran usaha dan pembekalan meliputi saran apa saja yang bisa dikerjakan di daerah masing-masing.

Kemudian diberi bantuan fasilitas apa saja yang dibutuhkan untuk mengerjakan produk tersebut.

“Setelah diberdayakan dan ada hasilnya kita tingkatkan Bimtek kelembagaan dengan membentuk kelompok.

Kita minta bukti produk mereka. Kemudian produknya dipamerkan di expo,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Perluasan Tenaga Kerja, Indyah Winasih menambahkan, kegiatan TKM Expo bertujuan untuk mendukung bahkan melakukan pendampingan terhadap kelompok-kelompok usaha dari manajemen hingga pemasaran.

  • Bagikan