Kaum Muda Jangan Anggap Remeh, Rentang Usia ini Sangat Rentan Terinfeksi Covid-19

  • Bagikan
Kaum Muda Jangan Anggap Remeh, Rentang Usia ini Sangat Rentan Terinfeksi Covid-19
Ilustrasi pencegahan penyebaran Virus Corona (ilustrasi: istimewa/freepik.com)
KEMBARA.ID, JAKARTA, – Pandemi Covid- 19 di Indonesia terus memakan korban meninggal dunia.

Warga yang terserang virus ini, mulai dirawat hingga mengakibatkan meninggal bukan hanya yang berusia rentan atau usur.

Warga yang masih berusia muda pun rentan terinfeksi, bahkan bisa sampai kehilangan nyawa.

Dari data meninggal dunia akibat Covid – 19 di Indonesia yakni 773 orang sesuai data pada laman Covid.go.id Indonesia, 351 pasien meninggal diantaranya berusia rentang 30-59 tahun.

Data ini menunjukkan, muda mudi berusia 30an juga rentan terinfeksi hingga meninggal dunia.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengungkapkan kasus meninggal dunia akibat virus corona tipe baru di Indonesia paling banyak berada pada rentang usia 30-59 tahun yaitu sebanyak 351 orang dari total kematian sebanyak 773 jiwa.

Yurianto dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB Jakarta, Selasa (28/4/2020), menyebut sementara itu jumlah kasus kematian terbanyak kedua pada rentang usia 60-79 tahun yaitu 302 orang.

Sedangkan, kasus meninggal dunia pada pasien COVID-19 yang terinfeksi di usia muda yaitu mulai bayi hingga remaja cenderung lebih sedikit.

“Kasus meninggal sebanyak 773 kalau kita perhatikan pada distribusi umurnya pada rentang usia 0-4 tahun sebanyak dua orang, rentang usia 5-14 tahun tiga orang, rentang usia 15-29 tahun 19 orang,” kata dia.

Tercatat, kasus kematian pada rentang usia di atas 80 tahun sebanyak 27 orang.

Sebanyak 69 kematian lainnya masih dalam proses verifikasi ulang ke rumah sakit terkait rentang usia pasien.

Pada hari sebelumnya Yurianto mengatakan kasus kematian disertai dengan penyakit penyerta pada pasien, paling banyak hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dan penyakit pernapasan seperti asma dan juga penyakit paru obstruktif menahun.

Ia meminta masyarakat, tetap mematuhi dan disiplin secara terus menerus dalam menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan juga upaya pencegahan penularan virus corona.

  • Bagikan