Catat! Pemerintah Segera Longgarkan PSBB di 124 Kota/Kabupaten

  • Bagikan
Catat! Pemerintah Segera Longgarkan PSBB di 124 Kota/Kabupaten
Penerapan PKM di Pos Pantau Terpadu simpang Jalan Gatot Subroto-Jalan Kebo Iwa, Denpasar. (Istimewa)
KEMBARA.ID,JAKARTA-Pemerintah RI telah menyatakan akan membuka atau melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di 124 kabupaten/kota di Indonesia.

Daerah-daerah ini dinilai masih berzona hijau selama pandemi Covid-19 mebawah di Indonesia.

Nama-nama daerah tersebut telah diumumkan pemerintah kemarin, Rabu (20/5/2020).

“Ada 124 kabupaten dan kota yang siap untuk dibuka karena sampai saat ini wilayahnya hijau,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa melalui video conference, Rabu (20/5/2020) dilansir kompas.com.

Baca juga: 2.291 Orang Masuk Bali via Pelabuhan Gilimanuk

Baca juga: Tim Medis RSUP Sanglah dan Putrinya Positif Virus Corona, 16 Kerabatnya Berstatus OTG

Ia menyatakan, ada 124 kabupaten dan kota yang siap dibuka atau dilonggarkan pembatasan sosialnya setelah dinilai aman dari penularan virus corona.

Pelonggaran pembatasan sosial itu, artinya masyarakat bisa beraktivitas di luar 11 sektor yang beroperasi selama PSBB, akan diizinkan kembali.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menambahkan, 124 kabupaten dan kota itu tergolong daerah hijau karena hingga saat ini belum ada laporan kasus positif Covid-19 di sana.

Baca juga: Indonesia Kembali Berduka: Seorang Perawat Wanita Berpulang Terpapar Virus Corona

Baca juga: Perawat Ari Puspitasari: Rapid Test Non Reaktif Tapi Antibodinya Tak Muncul Terhadap Antigen Virus Corona, Ini yang Berbahaya!

Doni mengatakan, meski demikian Gugus Tugas tetap memantau ketat 124 daerah tersebut, sebelum mengizinkan adanya pelonggaran pembatasan sosial di sana.

Menurut Doni, 124 kabupaten dan kota terdiri dari wilayah kepulauan, sehingga jika dilonggarkan pembatasan sosialnya akan terjamin keamanannya namun tetap dalam kontrol ketat Gugus Tugas dan Pemerintah.

“Saya sebutkan saja pertama, Aceh ada 14 kabupaten kota, Banten 1, Bengkulu 1, Gorontalo 1, Jambi 1, Jawa Barat 1, Jawa Tengah 1, Kalimantan Barat 2, Kalimantan Tengah 1, Kalimantan Timur 1, Kepulauan Bangka Belitung 1, Kepulauan Riau 4, Lampung 5, Maluku 6, dan Maluku Utara 5,” ujar Doni.

  • Bagikan